Kamis, 17 Juli 2014

PEMUDA-Chaseiro, Lagu yang Menyentuh

Hai teman-teman.
ketemu lagi di blog ini hehehe
yaps
akhir-akhir ini aku lagi mood banget nambahin postinganku di blog ini.

dan, topik yang mau aku tulis disini adalah...
jengjengjeeeng..

lagu PEMUDA nya Chaseiro

***

well
mungkin bagi anak muda di jaman ini jarang ada yang tau tentang nih lagu..
aku juga baru tau kok hahaha
gara-gara nonton iklan nya bank BNI yang terbaru

Pas aku denger lagu nya itu,
wow,
aku langsung penasaran ini lagu bagus banget,
makna nya dalem gitu,
hati ku terenyuh gitu pas denger itu lagu, beneran
bahkan saat aku ngetik bikin postingan ini aja lagu itu masih terngiang-ngiang di kepalaku.

ALHASIL
aku langsung nge-search tentang lagu itu
dan nyari informasi yang berhubungan sama lagu itu.



lagunya emang dibuat jaman dulu sih, diproduksi 1979
woow itu lawas banget khaan


tapi semangatnya ngga ada matinya,
bahkan aku pas pertama kali denger lagu itu kayak agak sedikit terharu gitu,
semangatnya dapeeet banget.
bagus nih lagu kalo disetel di setiap perayaan 17 Agustus,
atau saat Sumpah pemuda.
masih relevan banget di era ini untuk menanggapi isu perpecahan..
hahaha

**

well,
Chaseiro adalah kelompok musik beranggotakan mahasiswa Universitas Indonesia
yang cukup nge-hits di era akhir 70 an dan awal 80-an

Chaseiro itu diambil dari singkatan nama personil-personil nya..
yaitu :

CANDRA DARUSMAN (keyboard&vokal), HELMIE INDRAKESUMA (vokal),
ASWIN SASTROWARDOYO (Gitar&vokal), EDWIN HUDIORO(flute),
IRWAN INDRAKESUMA(vokal), RIZALI INDRAKESUMA(bass) dan OMEN(vokal).

konon di informasi yang aku tau,
katanya Chaseiro ini gaya dan penampakan personilnya kece-kece gitu di jaman nya,
jadi banyak digandrungi oleh orang-orang muda.

Chaseiro yang nge-hits di akhir era 70-an dan awal 80-an
personil Chaseiro yang emang keliatan kece ditilik dari sudut pandang jaman dulu

yah,
Sekarang para personil Chaseiro sudah jadi bapak-bapak semua,
tapi aku baca-baca katanya Chaseiro ini ngerilis ulang hits PEMUDA tapi diaransemen ulang
biar sesuai sama jaman sekarang,
dan dirilis bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2009.

sudah tua semua
ini nih lirik lagu PEMUDA yang aku ceritakan tadi

Pemuda, kemana langkahmu menuju
Apa yang membuat engkau ragu
Tujuan sejati menunggumu sudah
Tetaplah pada pendirian semula

Dimana artinya berjuang
Tanpa sesuatu pengorbanan
Kemana arti rasa satu itu

Bersatulah semua seperti dahulu
Lihatlah kemuka
Keinginan luhur kan terjangkau semua

Pemuda, mengapa wajahmu tersirat
Dengan pena yang bertinta belang
Cerminan tindakan akan perpecahan
Bersihkan nodamu semua

Masa depan yang akan tiba
Menuntut bukannya nuansa

yang selalu menabirimu pemuda


naaah!!
menurut yang aku baca disini
lagu PEMUDA ini terinspirasi dari sikap kritis salah satu personilnya, CANDRA DARUSMAN.
beliau ini bersikap kritis sama "kuli tinta" yang seakan mengadu-domba masyarakat karena situasi politik saat itu.

"Saya melihat banyak para kuli tinta yang partisan dengan opini masing-masing karena situasi politik. Ada yang murni partisipan, tapi ada juga yang mengadu domba masyarakat agar korannya laku."

CANDRA DARUSMAN
well, 

dari sini aku bisa nangkep kalo Chaseiro itu selain nasionalisnya masih tinggi, otaknya juga kritis dan kreatif habis deh.

naah, sebenernya di lirik lagu itu awalnya adalah 

Wartawan, kemana langkahmu menuju

karena emang mau ditujukan ke para wartawan.
Tapi kemudian kata wartawan itu diganti sama kata Pemuda,
biar lebih general dan mencakup semua profesi.

nah bagus kan liriknya,
kayak nyemangatin gitu,
mengingatkan kita kalo kita harus bersatu kayak jaman dulu,
untuk mencapai keinginan luhur kita...
sadeeedeeee hahaha

well
bener juga sih, 

di era sekarang ini jarang anak-anak muda yang mau jadi nasionalis,
kalimat ini memang klise, tapi emang gitu kok kenyataannya.

nasionalisme kita udah tipiis banget,
aku juga jadi sedih sama diriku sendiri,
pas denger lagu ini, 
entah kenapa aku pengen balik ke masa-masa sekolah lagi,
soalnya mau ikut UPACARA BENDERA setiap hari Senin lagi
hahaha
lagu itu bikin aku ngerasa kalo upacara bendera setiap hari Senin itu indah banget,
nasionalisme itu indaah banget,
sampe terharu nih ngetiknya hiks hiks..
emang kedengerannya lebay sih, tapi emang gitu kok 

rasa-rasanya aku ngerasa bersalah banget gara-gara sering males ikut dan ngeremehin upacara bendera,
kebayang dulu aku sering pura-pura ke UKS, biar gak upacara
dulu aku sering banget mikir
"coba upacara gini ditiadakan aja!"

yaa
sekarang aku juga heran sama aku yang dulu
masa iya sih,
Bisa bisanya aku berpikir ikut upacara bendera, yang cuma berdiri 1 jam-an gitu rasanya malees banget,
padahal kan upacara bendera itu sama aja kayak ujud syukur sama kebebasan ku yang sekarang,
ujud terimakasih ku,
dan mengenang sejarah yang pentiiing banget.

semanaaa siih beban upacara gitu kalo di bandingin sama perjuangan jaman dulu,
ckckck
anak-anak jaman sekarang *termasuk aku* ternyata emang sombong banget.

diminta susah sedikit, ogah
diminta nge-hargain sedikit, ogah
diminta mengenang sedikit, ogah
ckckck
jadi nyesel deh..

ntar deh, kalo ada kesempatan ikut upacara bendera lagi,
aku mau ngikutin upacara itu dengan sepenuh dan segenap hati.
ngga pake ngobrol,
engga pake ngantuk,
engga pake tengok sana-sini cari temen, baru negur sana-sini..
pokoknya ngikutin upacara itu dalam hening, daaan sepenuh hati
hehehe




hidup NASIONALISMEE!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar