Selasa, 10 Juli 2012

Sedikit Mengulas Tentang "my Sherwie"




Halo..
hari ini bawaan nya ngantuk aja..
soalnya dari pagi sampe agak siang tadi hujan..

well.. 

hasilnya kegiatan ku ya...
bangun, baru tidur,..

bangun lagi, dan tidur lagi..
trus onlen deh...hehehe

***

ehemm...
ngomong-ngomong aku baru nyadar
kalo liburan kali ini aku bener-bener 

NGGAK KEMANA-MANA..

yah,
mungkin karena aku terlalu tenggelam sama internet
dan drama korea yang aku tonton akhir-akhir ini..
hihihiy
jadi males "ngajuin gugatan" ke ortu buat liburan ke luar kota..

humm,,
agak ngiri juga sih pas liat di Facebook temen-temen pada uplod foto liburan mereka..
entah maksudnya untuk *murni* berbagi kebahagiaan, 
sharing tentang gimana sih tempat yang mereka kunjungin itu..
atau...
PAMER..wkwkwk

well..
apapun alasan mereka ya.,...
itu suka suka mereka dong...
sewot amat...hehehe

yah,
aku emang agak sedikit sewot mengenai hal apapun yang membuat orang lain bahagia di liburan kali ini..
kenapa?
iya lah..
soalnya saat ini aku lagi kehabisan bahan untuk nikmatin liburan 


pertama,
drama BIG belum keluar-keluar kelanjutannya di mediumquality
kedua,
aku udah bosan main THE Sims Social yang emang notabenenya akhir-akhir ini jadi kegiatan tetapku setiap harinya.
ketiga,
UANG TABUNGANKU UDAH HABIS di 4 hari pertama liburan..

WUUAAA!!!

jadi ya..
aku nulisin blog ku aja sampe bosen....
wekekeke

***

yaaa...
tapi,,
kalo beberapa bulan yang lalu..
aku hampir ngga ada waktu buat "ngga ada kerjaan" loh..
yah, karena beberapa bulan yang lalu itu aku lagi tergila-gila baca buku

"FISIOLOGI MANUSIA DARI SEL KE SISTEM" nya 
Lauralee Sherwood 
edisi 6

hehehe,,
soalnya kan aku pengen jadi dokter gitu..
jadi aku beranggapan kalo mau jadi dokter, 
hal pertama yang harus "ditumbuhkan" adalah 
JIWA DOKTER-nya

iya..
jadi kan kalo aku udah tau
dokter itu belajarnya apa,
pandangan dokter itu kayak apa sih, 
cara berpikir nya ala dokter itu gimana sih..
dan...
aku bener-bener tau kalo jadi dokter itu.....
ehem...
ngga gampang (yaiyalah!!semua orang juga tau kali!!)......hehehe

***

well
pertama kali baca SHERWOOD itu dari copy-an senior olim biologi ku..
tapi itu masih yang edisi 2..
saat itu aku masih kelas 1 SMA dan...kamu tahu apa.....
bagiku.....
baca 1 halaman itu butuh waktu berhari-hari,,dan paham akan hal itu..
butuh waktu seminggu an lebih...
ini serius loh..
iya lah, secara waktu itu logika ku nggak se-maju sekarang (eciyeeaah!!)...wkwkwk
dan meskipun udah *maksain* selesai baca, toh aku ngga ngerti juga..nyehehehe..

ini loh "sherwood" yang edisi 2


jadinya gimana?
yaa,,,aku paksa aja buat baca,  dan....yah..seperti yang aku tulis sebelumnya...
aku ngga ngerti....

alhasil pas senior olim biologiku nanya-nanya gitu..
aku cuma diem aja dan.....

ehem...*ternyata* hal ini manjur loh... nyehehr
jangan liat matanya atau terlalu fokus sama dia...
kalo ngga ya...
kamu bakal kena "pertanyaan mematikannya"...wkwkwk

jadi aku ngapain dong?
hehehe..aku pura-pura nunduk, 
baikin sepatu (lebih bagus kalo sepatumu pake tali)...
pura-pura ngejatuh-in pensil, pulpen, penghapus,
atau apapun yang bisa di jatuh in....
tapi jangan sampe memancing  kecurigaan..
baru durasi pas kamu ngambil barang itu...
usahakan jangan terlalu cepat...
agak lama dikit lah..
tapi jangan kelamaan juga...
jangan memancing curiga,
buatlah sealami atau senatural mungkin (apaan sih??)...
hehehe


intinya,
jangan sampe ketauan kalo kamu itu lagi nge-hindarin pertanyaannya
yah...
pinter pinter kamu aja lah..
ato ngga pura-pura batuk dan sakit tenggorokan.....
hahaha

TAPI
jangan sampe kamu nguap,
well...
kalo kamu udah nguap, yaa....upss...kena deh...hihihiy..
intinya,
jangan sampe senior itu ngeliatin kamu,

kalo aku sih, kalo senior nya mulai ngeliati aku,
aku langsung ngalihin mata,
baru sok ngomong-ngomong ke temen sebelahku,,
intinya sok cuek dan sok ngerti gitu deh..
pinter-pinter kamu lah masang muka "songong" yang sok ngerti..
sok ngangguk-ngagguk kek, 
atau monyong in bibir, mata kamu arahin agak ke atas..
dan dahimu....
ya..dahimu,, 
agak kamu kerutin sedikit 
(tapi terkadang "dahi" ini bikin kamu jadi keliatan lebay,
jadi ya...aku jarang nerapin hal ini)
...hehehe


yah.,...
dan aku hampir ngga pernah ditanyain deh...beneran...
hohoho

***

dan saat aku naik kelas 2
aku udah ngga ikut olimpiade biologi lagi, karena...
yang ngajar itu ya.....aku sendiri..
lebih jelasnya yang ngajar itu..
kakak-kakak kelas (angkatanku)..
entah itu kelas 2 atau kelas 3,

ehemm..
karena senior-senior yang sebelumnya udah lulus...
jadi emang tanggung jawab nya itu diserahin sama tahun di bawahnya..
alhasil karena aku ngga terlalu nguasain materi saat itu, 
dan gengsi kalo ngajar nya salah-salah...hehehe
jadi aku vakum deh..

***

well..
di suatu momen aku bisa lolos seleksi MEDSPIN,,
ituloh, lomba bergengsi kedokteran buat SMA, 
yang ngadain Universitas Airlangga di Surabaya..
aku juara 2 dan......nyehehe...tau ngga...
aku ngewakilin regio Kalimantan Timur loh..
yuhuuuiyy....

WAAUW!!
ngga nyangka banget aku bisa lolos dan....
yap.....
capcus ke Surabaya buat ngikutin tahapan lomba selanjutnya

hehehe..
bangga banget saat itu, 
secara waktu itu aku masih kelas 2 dan partnerku (1 team 3 orang),,,
kelas 1 semua.......

well..
jadilah aku ketua tim di kelompokku itu...
dan aku ngerasa beruntung banget, 
gile,,,soalnya banyak anak kelas 3 yang ikut, dan...
awalnya minder banget...

TAPI...

hehehe...toh kita lolos juga..
sama 1 team lain (tim yang juara 1) dari sekolahku juga,
yah, ternyata mereka bukan orang asing juga sih, toh aku juga kenal....

well...di Surabaya aku membeli sebuah buku..
yap..buku apakah itu...
ehemm..ya..benar..
itu adalah.....

FISIOLOGI MANUSIA DARI SEL KE SISTEM  EDISI 6
oleh Lauralee Sherwood..

pas aku ke surabaya, ternyata udah ada jilid 6 nya, yapp..dan aku beli buku ini..


weew...
dan aku beli buku itu..
itung-itung buat tambahan bahan materi Medspin itu loh...
hehehew

***

yak,
berhenti dulu bahas flashback soal Medspin dan balik ke masa sekarang...
intinya,
dengan minat yang tinggi, diselingi kebahagiaan untuk membaca "sherwood" itu,
aku berhasil membaca beberapa bab,,....
 tapi belum tuntas (alahmaak..)...
hehehe
eeeh..ngga juga deh, aku berhasil baca 1 bab tuntas, dan materinya tentang....

REPRODUKSI MANUSIA...

eeee,,, jangan pikir macem-macem dulu dong..
itu karena waktu itu kelompokku bertugas bawain makalah itu, dan...
yah...
harus nguasain dong....
hehehe...

yah,
jadilah selama berbulan-bulan aku  *berusaha*  membaca buku setebal 863 halaman itu...
dan..
itu belum termasuk indeks-indeks, 
daftar isi,
dan tambahan-tambahan lain yang lumayan banyak..


buku berbobot 2 kg lebih itu kubeli tanggal 18 November 2011..
iya,
itu adalah hari pertama aku sampai di Surabaya untuk lomba Medspin..
hehehe
aku beli buku itu di Togamas,
yang dekat sama FK nya Unair..
ditemani dengan 
Hera, Fina, Deye, Simon, Maksi, Bu Tutut, dan kak Wilbert..
ehehehe..

karena waktu itu emang dapet potongan 15%, 
dan ditambah make kartu mahasiswa nya kak Wilbert (di potong 10% lagi),
jadilah saya bisa menghemat 50ribu an dari harga semestinya...
hahaha

dan kurang lebih 5 bulan pertama, aku ngga pernah absen baca buku itu,,
setelahnya?
yaa...bolong bolong lah....nyehehehe...

well...
intinya aku seneng banget punya buku "sherwood" ini..
selain karena semua gambar dan tulisannya full color,
isinya juga padat dan...
menurutku sih lengkap banget buat kalangan anak SMA kayak aku gini...
kertasnya juga bagus...
itu loh...yang kertas nya licin,
kayak kertas kalender..


kalo dulu aku baca 1 halaman berhari-hari,,
dan itupun susah ngertinya...
sekarang aku udah bisa baca 5 halaman per hari, dan lumayan paham...(lumayan loh)..
atau 16 halaman...itu kalo di paksain,,
dan....
pastinya ngga semua yang bener-bener ku ngertiin....
hahaha

ini nih, my beloved "sherwood"..hehehe

dari sisi lainnya..

keadaan buku ini yang *agak* kucel menandakan bahwa....yap...buku ini sering kubaca loh..hehehe

semua halaman pada buku ini colorful  deh...jadi ngga bosen baca nya

dan kamu tahu....
aku begitu shock saat mengetahui ternyata "Sherwood" itu buku yang paling enak dibaca oleh mahasiswa/i kedokteran..

ehemmm...
sepertinya perjalananku untuk menjadi dokter dan memiliki "jiwa dokter"  masih sangatlah panjaaaaaang...
ditambah lagi ada salah satu buku dengan "genre" yang sama...
yang aku tau, penulisnya Guyton..
dan.......
aku.....
ehemmm...
sama sekali nggak sanggup baca buku itu...

iyalah......
karena bukunya item-putih,,,
ya..
kamu tau kan item putih itu gimana,,..
bikin sakit mata dan otak tambah cenat-cenut
intinya, beda banget sama "sherwood"ku ini...hehehe
mana tulisannya kecil dan padat banget...

well..
tapi, aku yakin,,itu cuma masalah waktu..
pas aku kelas 1 SMA aja, 
kayaknya mustahil banget deh baca "sherwood" 1 halaman per hari...
tapi sekarang...
well...no problem lah kalo cuma 1 halaman....hahaha
cumakalo sekarang masalahnya itu yaa...
males.....hehehe

tapi semoga saat hal itu sudah kulewati,
aku bener-bener bisa jadi dokter yang hebat..


kayak "Teru Mahigashi" di Godhand Teru



dan "Black Jack" di anime Black Jack



ato engga "dokter Koto" di manga dengan judul yang sama.. 



atau lebih bagus lagi..
jadi Makoto Saijo di manga Best Skilled Surgeon..
ahahaha



AMIN....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar